Image of Hubungan Pengetahuan Remaja Putri tentang Dysmenorrhea dengan Mekanisme Koping saat Dysmenorrhea Pada Siswi SMP Kristen Tawaang

Skripsi Keperawatan

Hubungan Pengetahuan Remaja Putri tentang Dysmenorrhea dengan Mekanisme Koping saat Dysmenorrhea Pada Siswi SMP Kristen Tawaang



Dysmenorrhea adalah nyeri saat menstruasi seperti kram, yang terasa pada perut bagian bawah, dan dapat menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari. Dysmenorrhea merupakan salah satu bentuk stressor dalam kehidupan wanita yang memaksa wanita untuk menggunakan satu atau lebih sumber koping yang tersedia. Pengetahuan remaja tentang dysmenorrhea dapat mempengaruhi mekanisme koping remaja dalam menghadapi dysmenorrhea.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan remaja putri tentang dysmenorrhea dengan mekanisme koping saat dysmenorrhea pada siswi SMP Kristen Tawaang. Desain penelitian ini adalah observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yaitu seluruh siswi yang mengalami dysmenorrhea berjumlah 56 orang, dengan teknik sampling menggunakan metode total sampling.
Hasil penelitian adalah sebagian besar siswi memiliki pengetahuan baik mengenai dysmenorrhea (87,5%), dan sebagian besar siswi memiliki mekanisme koping adaptif saat dysmenorrhea (85,7%). Analisa data menggunakan uji korelasi chi square yaitu nilai ρ=0,052 dengan tingkat kemaknaan α < 0,05. Kesimpulannya menunjukkan tidak ada hubungan pengetahuan remaja putri tentang dysmenorrhea dengan mekanisme koping saat dysmenorrhea pada siswi SMP Kristen Tawaang Kecamatan.

Kata Kunci : Pengetahuan, Mekanisme Koping, Dysmenorrhea
Kepustakaan : 16 Buku, 2 Skripsi, 14 File Internet


Availability

LIB0016388SKripsi/Sim hMain Library KeperawatanAvailable
LIB0016383SKripsi/Sim hMain Library KeperawatanAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SKripsi/Sim h
Publisher DLSU Manado : MANADO.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster