Image of Hubungan Antara Pengetahuan Orang Tua Dengan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Anak Sekolah Dasar Di SD GMIM Tanawangko Desa Sarani-Matani Kecematan Tombariri

Skripsi Keperawatan

Hubungan Antara Pengetahuan Orang Tua Dengan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Anak Sekolah Dasar Di SD GMIM Tanawangko Desa Sarani-Matani Kecematan Tombariri



Pengetahuan atau kognitif merupakan dominan yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang. Pengetahuan sangat erat hubungannya dengan pendidikan, di mana diharapkan bahwa dengan pendidikan yang tinggi maka orang tersebut akan semakin luas pula pengetahuannya. Dalam hal ini, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan nutrisi anak dan kesehatan ialah pengetahuan ibu. Sehingga diperlukan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan seseorang yaitu, pengalaman, umur, tingkat pendidikan, sumber informasi, sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan orang tua dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi pada anak sekolah dasar di Desa Sarani-Matani Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.
Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik, dengan teknik pengambilan data dilakukan melalui pendekatan cross sectional melalui instrumen lembar kuesioner. Penelitian ini melibatkan 67 responden yang terdiri dari 3 bagian, data individu responden, 10 pertanyaan tentang pengetahuan orang tua tentang nutrisi dan 10 pertanyaan pemenuhan kebutuhan nutrisi anak sekolah dasar, serta 14 observasi anak bergizi baik pada anak sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis chi-square disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan orang tua dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi anak sekolah dasar dengan nilai ρ = 0.001.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungannya antara pengetahuan orang tua dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi pada anak sekolah dasar. Untuk itu disarankan agar lebih membuka wawasan pengetahuan yang lebih luas tentang pemenuhan kebutuhan nutrisi pada anak sekolah dasar.

Kata Kunci : Pengetahuan Orang Tua, Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Anak
Kepustakaan : 35 Buku


Availability

Lib00014660Skripsi/Man hMain Library KeperawatanAvailable
Lib000014659Skripsi/Man hMain Library KeperawatanAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
Skripsi/Man h
Publisher DLSU Manado : MANADO.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster