Image of PERAN KELUARGA DALAM UPAYA MEMENUHI KEBUTUHAN SPIRITUAL LANSIA DI DESA TOMBASIAN ATAS KECAMATAN KAWANGKOAN BARAT

Skripsi Keperawatan

PERAN KELUARGA DALAM UPAYA MEMENUHI KEBUTUHAN SPIRITUAL LANSIA DI DESA TOMBASIAN ATAS KECAMATAN KAWANGKOAN BARAT



Peran keluarga dalam perawatan lansia yaitu memotifasi dan memfasilitasi lansia untuk memenuhi kebutuhan spiritual dengan meningkatkan ketaqwaan lansia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kebutuhan spiritual yang terpenuhi pada lansia membuat lansia mampu merumuskan arti personal yang positif tentang tujuan keberadaannya di dunia, mengembangkan arti penderitaan dan meyakini suatu hikmah dari suatu kejadian, dan menjalin hubungan yang positif melalui keyakinan dan cinta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran keluarga dalam memenuhi kebutuhan spiritual lansia di Desa Tombasian Atas Kecamatan Kawangkoan Barat.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif survey. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Total Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 46 responden. Penelitian dilakukan pada tanggal 22 Mei- 4 Juni 2015, dengan instrument penelitian yang digunakan adalah lembar kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden adalah anak kandung lansia yaitu 22 responden (47,8%). Hasil penelitian menunjukkan peran keluarga dalam pemenuhan kebutuhan spiritual lansia dikategorikan baik karena banyak lansia yang tinggal bersama keluarga seperti anak kandungnya. Keluarga dan teman dekat dapat memberikan bantuan dan dukungan emosional bagi lansia ketika menghadapi suatu masalah. Dari hasil penelitian ini diharapkan keluarga lebih meningkatkan partisipasi dalam merawat lansia sehingga kwalitas hidup lansia semakin tinggi.

Kata Kunci : Peran keluarga, Kebutuhan spiritual, Lansia
Kepustakaan : 18 Buku, 12 file internet


Availability

Lib00014664Skripsi/Mun pMain Library KeperawatanAvailable
Lib000014663Skripsi/Mun pMain Library KeperawatanAvailable
Lib000014666Skripsi/Mun pMain Library KeperawatanAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
Skripsi/Mun p
Publisher DLSU Manado : MANADO.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster