Image of Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Pencegahan Karies Gigi Pada Anak Di Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan

Skripsi Keperawatan

Tingkat Pengetahuan Ibu Terhadap Pencegahan Karies Gigi Pada Anak Di Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan



Angka kejadian karies di Indonesia pada anak usia sekolah dilaporkan sebesar 90% (berdasarkan survei yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan,
2007). Ini memperlihatkan bahwa angka kejadian karies gigi pada anak masih sangat tinggi dan membutuhkan perhatian yang cepat. Untuk mengatasi atau mencegah terjadinya karies gigi diperlukan dukungan oleh pihak orang tua terutama ibu yang umumnya memiliki waktu yang lebih lama bersama anak. Pengetahuan tentang kesehatan dan pemeliharaan gigi pada anak sangat penting untuk diketahui oleh seorang ibu karena pengetahuan merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi ibu dalam perawatan gigi anaknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu dengan pencegahan karies gigi pada anak. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional.Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan dari tanggal 15-18 juni 2015, dengan pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni Probability Sampling berupa Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 74 responden. Setelah ditabulasi data yang ada kemudian dianalisis menggunanakan uji Chi Squaredengan tingkat kemaknaan 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu di Kelurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan memiliki pengetahuan yang baik yaitu 64 responden (86,49%). Kemudian upaya pencegahan karies gigi sebagian besar sudah dilakukan oleh para ibu yaitu 60 responden (81,08%).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ibu-ibu yang ada di Kelurahan Walian sebagian besar memiliki pengetahuan yang baik tentang karies gigi yaitu sebanyak 64 ibu (86,49%). Dan upaya pencegahan ibuyang ada di Kelurahan Walian sebagian besar telah melakukan pencegahan karies gigi yaitu sebanyak60 ibu (81,08%).
Kata Kunci : Pengetahuan, Pencegahan Karies Gigi
Kepustakaan : 14 Buku, 3 Internet


Availability

lib00013982Skripsi/ Ren tMain Library KeperawatanAvailable
Lib000013932Skripsi/ Ren tMain Library KeperawatanAvailable
Lib00015656Skripsi/ Ren tMain Library KeperawatanAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
Skripsi/ Ren t
Publisher DLSU Manado : MANADO.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster