Image of Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Infeksi Saluran Kemih Pada Siswi SMA Agape Shu Timur

Teks Book

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Infeksi Saluran Kemih Pada Siswi SMA Agape Shu Timur



Pengetahuan merupakan suatu proses dari pembelajaran terhadap perilaku yang baik. Tingkat pengetahuan sangat berperan penting dalam proses perilaku setiap orang untuk belajar dalam perilaku menjaga kesehatan. Infeksi saluran kemih dapat dicegah dengan mengetahui cara pencegahannya dengan menjaga pola hidup dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubudingan tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan infeksi saluran kamih pada Siswi SMU Agape Sahu Timur.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sebagai populasi adalah 94 orang di SMU Agape sedangkan sampel adalah 75 responden yang dipilih menggunakan propotional Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Data dianalisa dengan menggunakan uji Koreasi Spearman rho.
Hasil penelitian didapatkan bahwa 72 responden yang memiliki pengetahuan baik terdapat 56 (74,7%) responden memiliki perilaku pencegahan ISK baik sedangkan responden yang memiliki pengetahuan cukup , tidak ada (0%) yang memiliki perilaku pencegahan ISK baik.Melalui uji statistik spearman rhomenunjukkan adanya hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku pencegahan infeksi saluran kemih dengan hasi analisis ρ=0,02 dan nilai korelasi r=0,333 artinya kekuatan hubungan sedang.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan tingkat pencegahan dengan perilaku pencegahan infeksi saluran kemih. Sehingga pengetahuan sangat penting dalam melakukan perilaku pencegahan infeksi saluran kemih.
Kata kunci:Tingkat pengetahuan tentang Infeksi saluran kemih, perilaku
pencegahan infeksi saluran kemih
Kepustakaan : 15 buku, 3 jurnal, 1 internet


Availability

lib00013975Skripsi/ Hen hMain libraryAvailable
lib00013968Skripsi/ Hen hMain Library KeperawatanAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
Skripsi/ Hen h
Publisher DLSU Manado : MANADO.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster