Image of Desain Grafis: Kemarin, Kini, Dan Nanti

Teks Book

Desain Grafis: Kemarin, Kini, Dan Nanti



Dewasa ini desain grafis sudah menjadi hal yang tidak asing lagi dan menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Hal tersebut disebabkan karena semakin tingginya kesadaran orang akan pentingnya desain grafis sebagai elemen pembentuk citra visual yang mampu meningkatkan nilai tambah bagi penggunanya. Disisi lain, perkembangan internet turut mendorong teknologi komputerisasi, teknologi cetak, software perancang dan pengolah desain grafis menjadi lebih mudah untuk diakses dan dipelajari. Sehingga menjadikan desain grafis sebagai karya seni visual yang tidak hanya bisa diciptakan oleh kalangan akademisi saja, bahkan seorang pemula dapat menciptakan sebuah karya desain grafis dengan kualitas dan taste profesional dalam waktu yang singkat, dengan cara belajar secara mandiri melalui tutorial yang disediakan di internet.

Jika pada jaman dahulu karya desain grafis seperti poster atau logo hanya bisa diciptakan dan diakui karyanya oleh orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan desain grafis. Karena untuk menghasilkan sebuah karya desain memerlukan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisa masalah, untuk selanjutnya dipecahkan melalui pendekatan komunikasi visual. Hal tersebut membutuhkan pengetahuan dan juga bakat dalam melakukan olah visual, seperti menggambar dan juga analisis masalah. Karena pada masa akhir tahun 1800 hingga awal 1990 dimana desain grafis mengalami banyak sekali dinamika dan perkembangan gaya desain, belum ada teknologi yang mampu membantu para visualiser untuk menciptakan karya desain grafis secara indah dan sempurna selain dengan sentuhan tangan-tangan berbakat para visualiser. Namun berbeda dengan saat ini, dimana tidak ada lagi sekat antara desainer grafis dari latar belakang akademisi dengan desainer grafis otodidak. Semua memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses ilmu pengetahuan dan juga berkarir secara profesional di industri kreatif. Sehingga dengan adanya teknologi semua orang bisa menjadi desainer grafis.

Saat ini teknologi memberikan kemudahan bagi siapapun untuk dapat membuat berbagai kebutuhan desain secara cepat, otomatis, dan bahkan gratis. Dengan teknologi artificial intellegence, sebuah desain dapat dibuat tanpa melibatkan campur tangan manusia. Metode ini tidak dapat ditemukan dua atau tiga dekade sebelumnya, dimana proses logo dikerjakan oleh studio desain grafis atau agency desain yang memiliki sumber daya kreatif untuk membuat desain secara profesional dan klien diberikan keleluasaan untuk mensupervisi pekerjaan yang diberikan hingga menemukan kata sepakat. Hal tersebut menjadi mahal, karena sebuah agency iklan harus melewati proses yang panjang untuk menciptakan sebuah desain hingga akhirnya disetujui oleh klien.

Pada Era Revolusi Industri 4.0, teknologi cloud internet, artificial intellegence yang berbasis data mampu mendistrupsi banyak bidang, merobohkan banyak batas dan hirarki. Saat ini berbagai pekerjaan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, dan dapat dikerjakan serta dikontrol kapanpun dan dimanapun, sehingga biaya menjadi semakin murah karena aktivitas operasional dan tahapan yang semakin pendek. Menjadi sebuah pertanyaan, dimanakah posisi kita saat ini, bagaimana kita merespon kondisi ini agar posisi kita sebagai insan kreatif tetap mengambil peran dan dapat bersaing dengan kecerdasan buatan yang dianggap lebih menguntungkan bagi pihak kapitalis.


Availability

LIB00031903006.6/Nam dMain Library Teknik InformatikaAvailable - Indonesia
LIB00031904006.6/Nam dMain Library Teknik InformatikaAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
006.6/Nam d
Publisher Alinea Media Dipantara : SEMARANG.,
Collation
vi ; 114 Hlm. ; 15X21cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-60340-5-2
Classification
006.6
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. II
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster