Image of Memahami laporan keuangan dan analisisnya

Teks Book

Memahami laporan keuangan dan analisisnya



Buku ini berisi tentang mengenal dan memahami laporan keuangan sebagai produk akhir dari serangkaian akuntansi yang merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban manajemen kepada pihak prinsipal (pemilik dana), untuk melaporkan hasil atau kinerja yang telah dilakukan sepanjang periode. Laporan keuangan sebagai produk akhir dari serangkaian proses pengikhtisaran dan pencatatan transaksi bisnis.

Buku ini juga dilengkapi dengan analisis kinerja keuangan berdasarkan laporan akuntansi tersebut. Analisis laporan keuangan merupakan suatu proses untuk membedah laporan keuangan ke dalam unsur-unsurnya dan menelaah masing-masing dari unsur tersebut dengan tujuan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang baik dan tepat atas laporan keuangan itu sendiri.

Analisis kinerja keuangan merupakan suatu metode yang membantu para pengambil keputusan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan melalui informasi yang didapat dari laporan keuangan. Analisis kinerja keuangan dapat membantu manajemen untuk mengidentifikasi kekurangan atau kelemahan yang ada dan kemudian membuat keputusan yang rasional untuk memperbaiki kinerja perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Analisis kinerja keuangan juga berguna bagi investor dan kreditor dalam pengambilan keputusan investasi dan kredit.

Pembahasan yang ada dalam buku ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sangat sederhana, lugas, dan mudah dipahami, sehingga akan membantu para pembaca dalam mempelajarinya secara lebih cepat, mudah, dan praktis.

Laporan keuangan sebagai produk akhir dari serangkaian akuntansi merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban manajemen kepada pihak prinsipal (pemilik dana) untuk melaporkan hasil atau kinerja yang telah dilakukan sepanjang periode.

Dalam hal ini, manajemen bertindak selaku agen atau pihak yang telah diberi wewenang dan kepercayaan penuh oleh prinsipal untuk mengelola aset atau bisnis perusahaan. Dengan adanya laporan pertanggung jawaban ini, maka sumber daya ekonomi yang telah dipercayakan oleh prinsipal untuk dikelola manajemen dapat ditelusuri.

Analisis laporan keuangan merupakan suatu proses untuk membedah laporan keuangan ke dalam unsur-unsurnya dan menelaah masing-masing dari unsur tersebut dengan tujuan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang baik dan tepat atas laporan keuangan itu sendiri.

Menganalisis laporan keuangan berarti menilai kinerja perusahaan, baik secara internal maupun untuk dibandingkan dengan perusahaan lain yang berada dalam industri yang sama. Hal ini berguna bagi arah perkembangan perusahaan dengan mengetahui seberapa efektif operasi perusahaan telah berjalan. Analisis laporan keuangan sangat berguna tidak hanya bagi internal perusahaan saja, tetapi juga bagi investor dan pemangku kepentingan lainnya.


Availability

LIB00031427657.3/Her mMain library Ekonomi AkuntansiAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
657.3/Her m
Publisher Papas Sinar Sinanti : DEPOK.,
Collation
viii ; 247 Hal. ; 15X23cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-1374-75-7
Classification
657.3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster