Image of kedaulatan rakyat menurut ketatanegaraan Indonesia ; gagasan dan implementasi

Teks Book

kedaulatan rakyat menurut ketatanegaraan Indonesia ; gagasan dan implementasi



Buku berisi gagasan dan implementasi, gagasan ialah sesuatu yang akan disampaikan penulis kepada pembaca atau pendengarnya, maka dalam buku ini kamu akan mendapatkan banyak pemaknaan dari penulis tentang tema yang diangkat.

Sedangkan, implementasi memiliki pemaknaan pelaksanaan atau penerapan. Hal ini berkaitan dengan suatu perencanaan, kesepakatan, maupun penerapan kewajiban, jadi kamu akan melihat bagaimana kedaulatan rakyat diimplementasikan.

Kedaulatan rakyat adalah penempatan rakyat sebagai pemilik kekuasaan tertinggi dalam suatu negara, yang mana menjadi sumber legitimasi atau pembenar kekuasaan pemerintah dan penyelenggaraan dalam suatu negara. Kamu akan memahami lebih detail bagaimana peran rakyat dalam kedaulatan rakyat.

Pasal 1 ayat (2) UUD 1945 menentukan “kedaulatan adalah di tangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh MPR.” Konsekuensi dari pasal tersebut telah menempatkan MPR sebagai organ negara yang super body dan merupakan lembaga tertinggi dalam negara.

Awalnya, Pasal 1 ayat (2) UUD 1945 berbunyi “Kedaulatan adalah ditangan rakyat, dan dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat”. Kemudian diubah pada saat perubahan ketiga UUD 1945 sehingga rumusannya menjadi “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar”.


Availability

LIB00031391321/Yuh kMain libraryAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
321/Yuh k
Publisher : BANDUNG.,
Collation
x ; 302 Hal. ; 18X25cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
321
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster