Image of Uji kompetensi keperawatan osce kebutuhan dasar manusia

Teks Book

Uji kompetensi keperawatan osce kebutuhan dasar manusia



OSCE merupakan suatu metode yang digunakan untuk menilai kemampuan klinik mahasiswa. Metode ini pertama kali digagas oleh Harden dari Universitas Dundee pada tahun 1970-an. Adanya metode ini, membuat seorang dosen dapat mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam hal kemampuan mengenali kasus keperawatan, melakukan pengkajian yang sesuai dengan fokus permasalahan, merumuskan diagnosis dari kasus yang ada, melakukan tindakan keperawatan yang tepat sesuai dengan masalah keperawatan yang prioritas, serta dapat melakukan edukasi dan evaluasi terhadap tindakan keperawatan yang telah dilakukan.

Buku ini dipersiapkan terutama untuk mahasiswa keperawatan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan Uji Kompetensi Keperawatan yang saat ini secara perlahan mulai mengadopsi OSCE sebagai standar kompetensi kelulusan mahasiswa keperawatan, baik dalam kompetensi klinik S-1 Keperawatan maupun Profesi Ners, sehingga buku ini akhirnya dapat dijadikan sebagai acuan dan gambaran tentang pelaksanaan OSCE dalam keperawatan. OSCE dalam keperawatan sangat luas dalam berbagai Stase Keperawatan. Penulis mencoba untuk menyajikan salah satunya OSCE, yaitu Stase Kebutuhan Dasar Manusia.

Buku ini menyajikan OSCE Keperawatan dalam Stase Kebutuhan Dasar Manusia, di mana buku ini membahas tentang OSCE Keperawatan yang meliputi;

1. Skenario kasus keperawatan yang sering ditemui oleh mahasiswa di praktik klinik. Soal kasus yang ada disesuaikan dengan kompetensi kebutuhan dasar manusia.

2. Pengkajian keperawatan yang disajikan terfokus pada permasalahan yang spesifik pada skenario kasus sehingga mahasiswa dapat melakukan pengkajian tepat pada sasaran permasalahan yang ada.

3. Diagnosis keperawatan sesuai dengan skenario kasus.

4. Tindakan keperawatan yang fokus pada permasalahan utama sesuai dengan kasus yang ada, terutama dalam penemuhan kebutuhan dasar manusia.

5. Edukasi pada pasien terhadap permasalahan utama yang dialami oleh pasien.

6. Evaluasi keperawatan sebagai suatu intervensi terakhir yang dilakukan pada pasien setelah serangkaian OSCE dilakukan.


Availability

LIB00031231610.1/Uji -Main Library KeperawatanAvailable - Indonesia
LIB00031257610.1/Uji -Main Library KeperawatanAvailable - Indonesia
LIB00031258610.1/Uji -Main Library KeperawatanAvailable - Indonesia
LIB00031306610.1/Uji -Main Library KeperawatanAvailable - Indonesia
LIB00031323610.1/Uji -Main Library KeperawatanAvailable - Indonesia
LIB00031325610.1/Uji -Main Library KeperawatanAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
610.1/Uji -
Publisher Yrama Widya : BANDUNG.,
Collation
viii ; 144 Hal. ; 16X24cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-205-750-0
Classification
610.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster