Image of Trik Jitu Belajar Web Python (Django 3.X)

Teks Book

Trik Jitu Belajar Web Python (Django 3.X)



Pada zaman sekarang ini, teknologi untuk membuat website telah berkembang dengan pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai macam web framework yang terkenal, salah satunya adalah Django.

Django adalah sebuah framework serba bisa untuk memudahkan programmer membuat web dengan lebih cepat menggunakan bahasa Python. Bahasa Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat terkenal pada saat ini di samping bahasa Java, C, dan C++. Bahasa Python memiliki sintaksis yang sederhana dan mudah dimengerti, serta memiliki library dan tools yang lengkap sehingga popularitasnya semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Pada mulanya, Django dibuat untuk memenuhi kebutuhan aplikasi web dari sebuah penerbit surat kabar yang bernama Lawrence Journal-World di Kansas. Perusahaan tersebut terkenal dengan deadline-nya yang ketat, konten teks yang banyak, file-file media, dan trafic yang padat sehingga dibutuhkan sebuah web framework serbaguna yang dapat menangani semua masalah itu. Oleh karena itu, dibuatlah framework Django ini pada tahun 2003 oleh dua orang web developer yang bekerja di sana, yaitu Adrian Holovaty dan Simon Willison.

Adrian Holovaty dan Simon Willison semula menggunakan PHP. Namun, karena perusahaan penerbitannya membutuhkan update yang sangat cepat, sulit bagi mereka untuk memenuhi deadline menggunakan PHP. Mereka membutuhkan sesuatu yang lebih cepat. Saat itulah mereka memutuskan untuk pindah ke Python. Mereka mulai mengerjakan sebuah web framework untuk membuat pengkodean menjadi lebih sederhana dan efektif. Web framework itu dinamakan Django, sebuah nama yang diambil dari nama gitaris Django Reinhardt.

Pada tahun 2005, Django sudah dirilis secara publik sebagai proyek open source. Pada kenyataannya, Django tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan dari perusahaan penerbit surat kabar saja, tetapi juga Django dapat digunakan untuk membuat platform ilmiah, platform keuangan, social networks, content management system, dan lain-lain. Django dapat bekerja dengan berbagai macam basis data populer, misalnya SQLite, MySQL, PostgreSQL, dan Oracle serta dapat menjalankan beberapa basis data yang berbeda dalam waktu bersamaan. Selain itu, Django juga bersifat cross platform sehingga dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, MacOS, Linux, dan lain-lain.

Bagi Anda yang ingin mempelajari dan membuat web Django, buku “Trik Jitu Belajar Web Python (Django 3.x)” akan membantu Anda dalam menjelaskan secara lengkap apa itu web Django dengan tips dan trik yang mudah untuk diikuti.


Availability

LIB00031119005.74/Sup tMain Library Teknik InformatikaAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
005.74/Sup t
Publisher PT Elex Media Komputindo : JAKARTA.,
Collation
xiv ; 370 Hal. ; 14X21cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-00-3515-9
Classification
005.74
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster