Image of masalah Kesehatan Anak

Teks Book

masalah Kesehatan Anak



Buku ini disusun berdasarkan materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan Winaya Waidya Anarawata (WWA) IX. Kegiatan ini mengambil tema "Bunga Rampai Klinis Praktis Masalah Kesehatan Anak" yang berfokus pada permasalahan yang sering dihadapi pada praktik klinis sehari-hari. Buku ini ditulis oleh para dokter spesialis anak konsultan dan berkolaborasi dengan ahli farmakologi dan dokter spesialis kulit konsultan anak.

Pada bagian pertama, buku ini mengangkat topik tentang peresepan obat. Praktik peracikan obat lazim dilakukan oleh dokter di Indonesia sehingga dokter perlu untuk mengetahui prinsip-prinsip yang benar mengenai proses peracikan obat khususnya untuk pasien anak. Sejalan dengan bagian pertama, bagian kedua, ketiga, dan keempat membahas penggunaan antibiotik untuk manajemen penyakit infeksi. Penyakit-penyakit infeksi yang sering terjadi pada pasien anak seperti infeksi saluran napas atas, infeksi kulit, dan tuberkulosis menjadi topik utama.

Pada bagian kelima, alergi diangkat menjadi salah satu topik karena insidensi yang semakin meningkat, khususnya alergi terhadap makanan. Sebagai benang merah, tata laksana muntah menjadi topik bahasan berikutnya karena muntah menjadi salah satu gejala penyakit yang paling sering muncul pada anak. Selanjutnya, pada bagian ketujuh, ketoasidosis diabetes menjadi salah satu topik yang penting untuk dibahas karena kondisi ini sering dijumpai pada pasien anak dengan diabetes tipe 1. Tidak jarang pasien anak dengan ketoasidosis diabetes menunjukkan gejala muntah seperti yang dibahas pada topik sebelumnya.

Selanjutnya, topik-topik yang dibahas merupakan topik yang berdiri sendiri yang sangat penting untuk selalu diperbaharui. Bagian kedelepan buku ini mengetengahkan pembahasan mengenai manajemen kejang pada anak. Bagian kesembilan dan kesepuluh membahas pentingnya deteksi dini penyakit kanker dan jantung bawaan sedangkan bagian kesebelas dan keduabelas membahas stunting dan perkembangan bicara pada anak. Pada bagian terakhir, informasi terbaru mengenai kurva normal pertumbuhan bayi, khusus bayi Indonesia dipaparkan dengan sangat jelas.


Availability

LIB00031072618.92/Mas -Main Library KeperawatanAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
618.92/Mas -
Publisher Gadjah Mada University Press : JOGYAKARTA.,
Collation
xii ; 198 Hal. ; 16X23cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-359-100-3
Classification
618.92
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster