Image of Desain dan Analisis Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi

Teks Book

Desain dan Analisis Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi



Buku ini memberikan gambaran tentang konsep suatu aktivitas transaksi keuangan perusahaan yang didukung dengan alat bantu komputer sehingga menciptakan pemrosesan data-data yang lebih efektif dan efisien dan perilaku manusia dalam mengembangkan sistem informasi akuntansi. Buku ini dapat dipergunakan untuk mahasiswa/i Program Studi Akuntansi maupun program studi lainnya yang berkepentingan dalam mempelajari konsep, desain dan analisis pengembangan sistem informasi akuntansi yang baik dalam suatu aktivitas bisnis perusahaan yang tidak luput dari perilaku manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Revolusi Industri 4.0 dan perkembangan teknologi informasi yang pesat memicu penggunaan berbagai software/aplikasi keuangan pada organisasi baik bisnis maupun non bisnis. Software/aplikasi keuangan dibutuhkan organisasi untuk mengolah data transaksi keuangan menjadi informasi keuangan yang bermanfaat bagi pengguna dalam proses pengambilan keputusan strategis menghadapi persaingan usaha.

Software/Aplikasi keuangan pada dasarnya merupakan Sistem informasi Akuntansi yang dipraktikan dalam suatu organisasi. Sistem Informasi Akuntansi merupakan kumpulan dari elemen-elemen yang bersinergi untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan untuk digunakan berbagai penggunanya dalam pemilihan keputusan strategis. Agar sukses diterapkan dalam suatu organisasi, desain aplikasi keuangan harus mengakomodir sistem informasi akuntansi yang sedang diterapkan dalam organisasi tersebut.

Keberhasilan Penerapan Sistem Informasi akuntansi dalam suatu organisasi merupakan suatu hal yang sangat penting pada saat ini, karena sistem informasi akuntansi yang berkualitas berpengaruh sangat erat terhadap dihasilkannya informasi akuntansi berkualitas yang dibutuhkan oleh berbagai pengguna dalam suatu organisasi sebagai dasar pengambilan keputusan strategis dalam menghadapi persaingan usaha. Informasi akuntansi yang berkualitas merupakan sumber daya yang sangat berharga dalam suatu organisasi. Informasi Akuntansi yang berkualitas dihasilkan oleh Sistem informasi akuntansi yang berkualitas, untuk itu penerapan sistem informasi akuntansi dalam perusahaan harus didesain sebaik mungkin agar sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Sistem informasi akuntansi yang berkualitas memicu perusahaan bertumbuh lebih cepat dan efisien.

Buku ini merupakan salah satu referensi acuan bagi mahasiswa untuk mempelajari sistem informasi akuntansi maupun bagi desainer sistem dalam membangun sistem informasi akuntansi yang berorientasi pada kebutuhan pengguna.

Desain pengembangan dijelaskan dengan terstruktur terdiri dari:
1. Memahami konsep sistem informasi
2. Perancangan dokumen dan catatan
3. Pedoman dan Klasifikasi Rekening
4. Teknik Dokumentasi Sistem
5. Metode dan Analisis Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi 6. Siklus pengolahan transaksi: Pengeluaran, penerimaan, Konversi, keuangan dan pencatatan.
7. Pengendalian dan Pemeriksaan Sistem Informasi Akuntansi 8. Sistem Informasi Akuntansi dan Faktor Pendukungnya

Buku ini diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan dalam proses desain dan pengembangan sistem informasi Akuntansi, sebagai referensi dalam penulisan riset, serta dapat digunakan oleh para dosen dalam mengajar mata kuliah sistem informasi akuntansi di berbagai perguruan tinggi.


Availability

LIB00020784657.1/Pus dMain library Ekonomi AkuntansiAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
657.1/Pus d
Publisher Informatika : BANDUNG.,
Collation
viii ; 296 Hal. ; 16X24cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-7131-68-7
Classification
657.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster