Image of Pidana untuk Pemegang Saham Korporasi

Teks Book

Pidana untuk Pemegang Saham Korporasi



Salah satu tugas hakim adalah melakukan penemuan hukum. Agar hakim dapat melakukan penemuan hukum, membutuhkan referensi berupa kajian dan penelitian berkualitas di bidang hukum. Dan buku ini menjadi salah satu referensi yang diperlukan bagi seorang hakim dalam menghadapi kasus pidana korporasi, terutama yang menyangkut pemegang saham. Dengan hadirnya buku ini diharapkan dapat memperkaya khazanah pengetahuan hukum di Indonesia. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H, M.H. (Ketua Mahkamah Agung RI)

Buku ini penting bagi pengembangan ilmu hukum pidana di Indonesia. Selama ini ada perbedaan logika hukum pidana dan hukum bisnis, dan penulis berhasil membangun argumentasi untuk menggunakan azas-azas hukum bisnis untuk diterapkan dalam hukum pidana. Dr. Artidjo Alkostar, S.H., LL.M. (Mantan Ketua Muda Pidana MA)

Kajian dalam buku ini sangat menarik, karena memuat pengetahuan baru yang dapat dijadikan referensi bagi penyidik dalam menghadapi kasus pidana yang dilakukan oleh korporasi dan pemegang saham. Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H. (Kepala Divisi Humas Polri.)

Dengan ketekunan dan keberaniannya penulis menerobos “tabu” yang sudah lama dianut dalam hukum bisnis, bahwa pertanggungjawaban pemegang saham hanya terbatas pada saham yang ditanam. Doktrin itu diubah menjadi pemegang saham dapat dimintai pertanggungjawaban pidana bila mempengaruhi organ korporasi untuk melakukan tindak pidana. Buku ini penting untuk dijadikan referensi bagi mahasiswa hukum, khususnya yang mengambil spesialisasi hukum bisnis (Prof. Dr. Ridwan Khairandy, S.H., M.H. (Dosen UII)

Sebagai advokad profesional, Penulis banyak menangani kasus-kasus korporasi. Dengan kejeliannya, Penulis melihat ada celah yang belum tersentuh hukum. Buku ini menunjukkan komitmen penulis sebagai advokad untuk ikut memberi kontribusi bagi pembangunan hukum nasional, dengan menutup celah hukum berupa gagasan meminta pertanggungjawaban pidana bagi pemegang saham. Prof DR. Eddy Hiariej, SH M.Hum (Dosen UGM)


Availability

LIB00020632345/Ami pMain Library HukumAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
345/Ami p
Publisher Arruz Media : YOGYAKARTA.,
Collation
x ; 194 Hal. ; 14X21cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-313-494-6
Classification
345
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster