Image of Pendidikan Karakter ; Konsep dan Implementasi

Teks Book

Pendidikan Karakter ; Konsep dan Implementasi



Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Oleh karena itu, pendidikan karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri, dalam rangka membina kepribadian generasi muda.

Pada edisi revisi ini ada tambahan beberapa hal yang belum lengkap. Berikut materi buku ini:

• Pendahuluan (Pengertian Karakter, Akhlak, Moral, Budi Pekerti, dan Etika; Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Karakter, Akhlak, Moral, Budi Pekerti, dan Etika Manusia).
• Konsep Pendidikan Karakter (Pengertian Pendidikan Karakter; Urgensi, Tujuan, Fungsi dan Media Pendidikan Karakter; Nilai-nilai Karakter yang Dikembangkan; Prinsip-prinsip Pendidikan Karakter; Ciri Dasar Pendidikan Karakter; Tahapan Pengembangan Karakter Siswa)
• Fitrah Dan Kepribadian Manusia (Hakikat Fitrah Manusia; Hakikat Kepribadian Manusia; Dimensi-dimensi Manusia; Akhlak sebagai Hakikat Kepribadian Manusia; Pembinaan dan Kesempurnaan Akhlak dan Kepribadian Manusia)
Metode Dan Pendekatan Dalam Implementasi Pendidikan Karakter (Pengertian Metode Pendidikan; Ragam Metode Pendidikan Karakter; Pemberdayaan dan Pembudayaan)
Pengembangan Kurikulum Dalam Implementasi Pendidikan Karakter (Pengertian dan Komponen-komponen Pengembangan Kurikulum; Fungsi dan Kedudukan Kurikulum; Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter; Desain dan Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter)
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menyukseskan Implementasi Pendidikan Karakter
Satuan Pendidikan Strategi Dalam Menyukseskan Implementasi Pendidikan Karakter (Prinsip-prinsip Strategi; Strategi Implementasi Pendidikan Karakter; Strategi Pembangunan Karakter Bangsa)
Implementasi Pendidikan Karakter Secara Terintegrasi Dalam Pembelajaran (Standar Kompetensi Lulusan; Penjabaran Nilai-nilai Karakter dalam Mata Pelajaran; Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran)
Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Manajemen Sekolah
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Integrasi Dalam Pembinaan Kesiswaan
Pengembangan Silabus Pembelajaran Dalam Implementasi Pendidikan Karakter
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Implementasi Pendidikan Berkarakter (Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; Fungsi RPP dalam Implementasi Pendidikan Karakter; Prinsip-prinsip Pengembangan RPP Berkarakter; Komponen-komponen RPP; Langkah-langkah Pengembangan RPP; Model-model RPP)


Availability

lib00020470371.114/Gun pMain library P.G.S.DAvailable - Indonesia
LIB00031143371.114/Gun pMain library P.G.S.DAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
371.114/Gun p
Publisher Alfabeta : BANDUNG.,
Collation
xvi ; 392 Hal. ; 16X24cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-9328-51-6
Classification
371.114
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. V
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster