Image of Cara Sistematis berlatih Meneliti Merangkai Sistematika Penelitian Kedokteran dan Kesehatan

Teks Book

Cara Sistematis berlatih Meneliti Merangkai Sistematika Penelitian Kedokteran dan Kesehatan



Mahasiswa memiliki kewajiban menyusun tugas akhir penelitian dalam bentuk skripsi, tesis atau disertasi. Dosen juga memiliki kewajiban melaksanakan penelitian maupun membimbing tugas penelitian mahasiswa. Peristiwa yang paling ditakutkan oleh peneliti pemula adalah bila mereka dinyatakan tidak layak atau tidak lulus, karena tidak mampu merangkai ide sistematis di dalam proposal atau laporan penelitian, atau sering disebut dengan istilah “benang merah” dalam makalah penelitian.

Penulis menyusun buku ini, didasarkan pada pengalaman bahwa mahasiswa atau dosen di bidang kedokteran dan kesehatan, mengalami kesulitan mencari sumber rujukan yang praktis dan komprehensif yang mampu menuntun mereka menyusun proposal sampai ke laporan penelitian secara runtut dan sistematis.

Di dalam buku ini, dipaparkan secara lengkap panduan untuk mempersiapkan rencana penelitian dan menyusun proposal penelitian. Pembahasan dimulai dari alasan perlunya penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan, dan manfaat penelitian untuk kepentingan tatalaksana masalah kesehatan. Selain itu, buku ini membahas jenis/desain penelitian yang lazim dilakukan pada bidang kedokteran dan kesehatan, serta alasan pemilihan jenis/desain penelitian tersebut. Pembahasan dilanjutkan pada topik penyusunan proposal yang sistematis. Pembaca akan diajak untuk membahas cara pengembangan ide penelitian, menyusun rangkaian proposal mulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, hipotesis, kajian pustaka, dan kerangka teori serta kerangka konsep.

Penulis juga memaparkan cara merencanakan metode penelitian yang runtut dan sistematis. Pembaca dapat memahami pengertian metode penelitian, menentukan desain penelitian yang cocok, populasi dan subjek penelitian, prosedur pengambilan sampel, menetapkan variabel penelitian, menentukan definisi operasional, dan alur penelitian. Buku ini juga membahas prinsip metode analisis data dan uji hipotesis atau uji statistik.

Etika merupakan topik yang krusial di dalam penelitian kedokteran dan kesehatan, sehingga para peneliti harus memahami kelayakan etika didalam penelitian, yang dibahas di dalam buku ini secara ringkas. Pembaca juga akan dipaparkan topik cara mengutip kepustakaan yang baik dan terhindar dari plagiarisme. Pada bagian akhir dari buku ini, penulis membahas kiat-kiat yang baik dalam menyusun hasil penelitian, kajian yang harus dibahas di sesi diskusi dan pembahasan, serta kiat menyusun kesimpulan, saran dan abstrak makalah penelitian. Pada kesimpulan akhir, pembaca akan dipaparkan cara menyusun benang merah penelitian yang runtut dan sistematis.

Buku disusun dari pengalaman penulis membimbing metode penelitian mahasiswa dan dosen muda di bidang kesehatan sejak tahun 2003 (15 tahun). Penulis membimbing metodologi tugas penelitian mahasiswa mulai dari level sarjana, master, profesi spesialis, dan kandidat doktor pada berbagai program studi, seperti kedokteran umum, kedokteran gigi, keperawatan, biomedis, kebidanan, kesehatan masyarakat dan psikologi, serta beberapa dosen muda yang melakukan penelitian

Buku ini disusun dengan bahasa yang relatif mudah dimengerti disertai contoh-contoh kasus penelitian, untuk membantu pembaca mengaplikasikan rancangan proposal dan laporan penelitian di semua kajian rumpun ilmu kesehatan. Buku ini membahas rancangan metode penelitian secara komprehensif mulai dari merancang ide, mengembangkan dan menyusun metodologi, sampai cara menyusun laporan penelitian, serta pertimbangan etika penelitian. Cukup dengan membaca 1 buku ini dan ditambah latihan biostatisitik, mahasiswa atau peneliti pemula diharapkan mampu untuk melaksanakan penelitian secara runtut dan sistematis.


Availability

LIB00020441610.72/Irf cMain Library KeperawatanAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
610.72/Irf c
Publisher Rayyana Komunikasindo : JAKARTA.,
Collation
xiv ; 204 Hal. ; 14X21cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-5834-36-3
Classification
610.72
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster