Image of Aspek Hukum Pelayanan Kesehatan, Euthanasia, dan Aborsi

Teks Book

Aspek Hukum Pelayanan Kesehatan, Euthanasia, dan Aborsi



Aspek hukum pelayanan kesehatan yang merupakan salah satu bagian terpenting hukum kesehatan perlu dimasyarakatkan agar masing-masing pihak memahami kewajiban, hak, tugas, dan perlindungan hukum baginya. Tenaga kesehatan harus mengutamakan indikasi medis dan tidak diskriminatif, demi kepentingan terbaik bagi pasien yang sesuai indikasi medis.
Pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan dan/atau tenaga kesehatan yang melakukan praktik dituntut berupaya maksimal agar tidak terjadi malapraktik yang berakibat kecacatan, kematian dan/atau kerugian lainnya bagi pasien. Kasus atau sengketa antara pemberi layanan dengan penerima layanan kesehatan sering terjadi, salah satu penyebabnya ialah ketidaktahuan, kesalahan atau ketidaktaatan atas kewajiban, hak, tugas, dan tanggung jawab hukum rumah sakit, tenaga kesehatan, dan pasien.
Eutanasia adalah perbuatan atau pembiaran untuk mempercepat atau mempermudah kematian pasien yang menderita penyakit yang sulit disembuhkan dalam waktu lama atas permintaan sendiri atau keluarganya. Biasanya dilakukan penghentian pengobatan, melepaskan alat bantu pernapasan dan/atau infus, atau memasukkan sesuatu ke dalam tubuh pasien yang dapat mematikan secara tenang atau tanpa penderitaan. Eutanasia dapat ditinjau menurut hukum pidana, hukum agama, dan hak asasi manusia.
Aborsi dalam berbagai jenis penting dipahami untuk menghindari terjadinya perbuatan melawan hukum atau ditetapkan sebagai tersangka pelaku/pembuat tindak pidana. Seyogianya dapat dimengerti tentang aborsi yang bersifat melawan hukum dan aborsi yang tidak melawan hukum. Dengan kata lain, ada aborsi yang dilakukan atas dasar indikasi perkosaan atau indikasi kedaruratan medis dengan aborsi menurut hukum pidana. Praktik aborsi yang aman, bermutu dan bertanggung jawab dapat dilakukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.


Availability

LIB00020386344.04/Muh aMain Library HukumAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
344.04/Muh a
Publisher Kencana : JAKARTA.,
Collation
xiv ; 238 Hal. ; 15X21cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-965-2
Classification
344.04
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster