Image of Metodologi Penelitian Kuantitatif

Teks Book

Metodologi Penelitian Kuantitatif



Sejatinya ada perbedaan mendasar antara konsep metode dan metodologi. Metode menjelaskan prosedur atau proses untuk mencapai objek atau sasaran yang ingin dicapai. Adapun metodologi menjelaskan studi tentang metode yang digunakan dalam suatu bidang. Jadi jelas metode merupakan bagian dari metodologi, sehingga secara logika untuk memahami metodologi, kita perlu memahami metode-metode. Singkatnya, metode penelitian mengacu pada teknik yang dapat diadopsi untuk mengeksplorasi sifat dunia. Sebaliknya, metodologi penelitian adalah pendasaran filosofis yang membantu kita untuk memahami faktor-faktor penentu yang memengaruhi efektivitas metode yang diterapkan.

Metodologi Penelitian bertujuan memberikan pemahaman tentang metode-metode penelitian dalam konteks metodologi penelitian. Guna memudahkan mahasiswa karenanya disajikan dalam tiga bagian: pertama, metode yang berkaitan dengan perolehan kebenaran dan metode menyusun anatomi masalah; kedua, metode penelitian kuantitatif yang berisi pengantar untuk memahami beberapa “jargon” penelitian berbasis penalaran deduktif-kuantitatif; ketiga, berisi metode analisis data kuantitatif, metode analisis korelasi, analisis regresi, dan metode analisis jalur.

Dengan asumsi para mahasiswa telah menguasai pengetahuan dasar statistik (deskriptif) dan hakikat paradigma penelitian positivistis, buku ini sangat dianjurkan untuk dijadikan pedoman mempelajari metode-metode penelitian kuantitatif bagi penulisan karya ilmiah atau tugas akhir.


Availability

LIB00020168001.42/Ben mMain libraryAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
001.42/Ben m
Publisher Prenada Media Group : JAKARTA.,
Collation
xii ; 358 Hal. ; 15X23cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-255-4
Classification
001.42
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster