Image of Spektrum Ilmu Pariwisata

Teks Book

Spektrum Ilmu Pariwisata



Pariwisata budaya telah berdinamika sedemikian rupa dan menimbulkan kekhawatiran apakah pariwisata budaya masih eksis di Bali? Pariwisata budaya terindikasi bergeser dan bersaing dengan jenis-jenis pariwisata lainnya. Mitos sebagai bagian dari kebudayaan, sebenarnya memiliki kekuatan besar sebagai modal budaya dalam pengembangan pariwisata budaya. Tetapi, mitos tradisional di Bali khususnya dan di Indonesia pada umumnya (bahkan di dunia) tampak belum sepenuhnya dimanfaatkan. Untuk di Bali, hampir setiap desa-desa pasti memiliki mitos lokal. Jika ini mampu dimanfaatkan akan menjadi ciri khas dan keunikan, termasuk sebagai sarana edukasi bagi para generasi milenial tentang nilai-nilai lokal.

Buku ini berupaya mempertemukan sisi akademis dan sisi praktis pariwisata dari perspektif ilmu pariwisata yang sangat multidisipliner/transdisipliner. Pendekatan yang digunakan, yaitu induktif, melahirkan beberapa konsep sebagai temuan hasil penelitian, di antaranya: tourism mythmorphosis, remitoisasi, energi sosial (paradigma buku ini adalah postmodern, tetapi tetap mengacu kepada paradigma modern dan tidak melupakan paradigma klasik). Pokok bahasan diupayakan—disertai isu dan contoh kasus mulai dari rekayasa sosial dalam pariwisata sampai peluang anggaran dana desa digunakan untuk pariwisata.

Para pembaca yang budiman, akan diupayakan memahami mitos, kebudayaan, masyarakat dan pariwisata sebagai aplikasi atau terapan dari ilmu pariwisata (terutama dimensi budaya pariwisata, dimensi sosial pariwisata, dan dimensi ekonomi pariwisata), yaitu: (1) Antropologi pariwisata; (2) Sosial pariwisata; (3) Psikologi pariwisata; (4) Sejarah pariwisata; (5) Ekonomi pariwisata; (6) Pemasaran pariwisata; (7) Politik pariwisata; (8) Hukum Pariwisata; (9) Kebijakan Pariwisata; (10) Pariwisata berbasis masyarakat; dan (11) Perencanaan pariwisata.

Buku ini dapat menjadi rujukan bagi para mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 pariwisata. Termasuk para pemegang kebijkan, para praktisi pariwisata, dan para penggiat desa wisata yang saat ini semakin berkembang pesat.


Availability

LIB00020057338.479/Spe -Main Library PariwisataAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
338.479/Spe -
Publisher Kencana : JAKARTA.,
Collation
xiv ; 184 Hal. ; 14X21cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-495-4
Classification
338.479
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster