Image of Metode Numerik

Teks Book

Metode Numerik



Persoalan yang melibatkan model matematika banyak muncul dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan, seperti dalam bidang fisika, kimia, ekonomi, atau pada persoalan rekayasa (engineering), seperti Teknik Sipil, Teknik Mesin, Elektro, dan sebagainya. Seringkali model matematika tersebut muncul dalam bentuk yang tidak ideal alias rumit. Model matematika yang rumit ini adakalanya tidak dapat diselesaikan dengan metode analitik atau metode penyelesaian model matematika dengan ias-rumus aljabar yang sudah lazim (baku) untuk mendapatkan solusi sejatinya (exact solution)

Bila metode analitik tidak dapat lagi diterapkan, maka solusi persoalan sebenarnya masih dapat dicari dengan menggunakan metode numerik. Metode numerik adalah teknik yang digunakan untuk memformulasikan persoalan matematika sehingga dapat dipecahkan dengan operasi perhitungan/aritmetika biasa tambah, kurang, kali, dan bagi).

Dengan metode numerik kita dapat menemukan solusi persoalan yang selalu dalam bentuk angka. Angka yang iecukan sebagai solusi ini pada hakikatnya tidak dalam bentuk soluSi Sunat atau yang sebenarnya, tetapi dalam bentuk solusi pendekatan atau solusi hampiran (approximation), namun solusi hampiran ini dapat dibuat seteliti mungkin sesuai dengan yang kita inginkan.

Di dalam buku ini juga disertakan banyak dotton pengunaan program komputer untuk menyelesaikan persoalan dess metode numerik, karena perhitungan dengan tangan biasanya pekerjaan yang menjemukan dan melelahkan mengingat volume perhitungan dalam metode numerik umumnya sangat besar


Availability

LIB00020048518.4/Mun mMain libraryAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
518.4/Mun m
Publisher Informatika : BANDUNG.,
Collation
xii ; 16X24cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-7131-42-7
Classification
518.4
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster