Image of Metodologi Pembelajaran IPA

Teks Book

Metodologi Pembelajaran IPA



Metodologi Pembelajaran IPA merupakan salah satu buku yang perlu dibaca oleh mahasiswa/calon guru, guru, maupun pemerhati dunia pendidikan (khususnya mata pelajaran IPA) agar dapat melaksanakan proses pembelajaran yang menarik pada konsep IPA.

Bab 1 Pembelajaran IPA : Sebuah Pendahuluan. Bab ini memuat arti penting pembelajaran IPA atau sains serta sejarah pendidikan atau kurikulum di Indonesia.

Bab 2 Bagaimana Proses Pembelajaran IPA. Bab ini memuat sub bab IPA ilmu yang terkontruksi secara personal dan sosial, peran guru IPA terhadap proses pembelajaran IPA, pedagogical content knowledge (PCK) IPA serta perencanaan desaian proses pembelajaran IPA.
Bab 3 Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA. Bab ini memuat hakikat IPA dan hakikat pembelajaran IPA
Bab 4 Konsep Belajar dan Pembelajaran IPA. Bab ini memuat konsep belajar IPA dan teori belajar IPA.
Bab 5 Model Pembelajaran IPA. Bab ini memuat model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning), model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS), model pembelajaran Iqro, model pembelajaran discovery inquiry, model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), model pembelajaran IPA terpadu serta mode pembelajaran direct instruction (DI).
Bab 6 Pendekatan Pembelajaran IPA. Bab ini membahas pengertian dan jenis-jenis pendekatan pembelajaran IPA.
Bab 7 Strategi Pembelajaran IPA. Bab ini memuat strategi pembelajaran induktif dan deduktif.
Bab 8 Metode Pembelajaran IPA. Bab ini memuat metode ceramah, metode diskusi-presentasi, metode demontrasi, metode simulasi/role playing, metode simulasi dengan virtual laboratory (virtual labs), metode eksperimen serta metode pembelajaran IPA yang sesuai dengan kurikulum 2013.
Bab 9 Teknik Pembelajaran IPA. Bab ini memuat teknik bertanya, teknik menghafal dan teknik mencatat.
Bab 10 Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran IPA. Bab ini memuat urgensi pendidikan karakter serta integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran IPA.
Bab 10 Aplikasi Proses Pembelajaran IPA dalam Bentuk Pedagogical Content Knowledge (PCK). Contoh materi yang dibahas dalam kemasan Pedagogical Content Knowledge (PCK) adalah ciri-ciri kehidupan, klasifikasi makhluk hidup, struktur jaringan tumbuhan, fenomena gunung api dan sistem ekskresi pada manusia.
Bab 11 Miskonsepsi IPA. Bab ini membahas latar belakang miskonsepsi serta berbagai miskonsepsi IPA SMP yang ditemukan dalam berbagai penelitian.

Buku Metodologi Pembelajaran IPA tentunya bisa menjadi pelengkap buku-buku seputar pendidikan IPA yang lain seperti Buku Metodologi Pembelajaran IPA maupun buku Metode Penelitian Pendidikan IPA yang keduanya ditulis oleh Paul Suparno. Selamat membaca.


Availability

LIB00019941371.36/Wis mMain library P.G.S.DAvailable - Indonesia
LIB00020150371.36/Wis mMain library P.G.S.DAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
371.36/Wis m
Publisher Bumi Aksara : JAKARTA.,
Collation
xiv ; 280 Hal. ; 15X23cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-217-404-2
Classification
371.36
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. III
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster