Image of Pembangunan Pertanian Membangun Kemandirian Pangan dalam Masa Bencana dan Pandemi

Teks Book

Pembangunan Pertanian Membangun Kemandirian Pangan dalam Masa Bencana dan Pandemi



Bencana dalam berbagai bentuk telah menjadi bagian kesejarahan umat manusia. Pandemi Covid-19 telah memorakporandakan tatanan kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk Indonesia, menyebabkan hancurnya perekonomian dunia yang berimplikasi pada kehilangan pekerjaan banyak orang. Pandemi ini telah menimbulkan efek bola salju pada masyarakat yang menyebabkan goyahnya kemandirian pangan karena ketidakmampuan mencukupi kebutuhan pangan.

Buku ini mengurai persoalan kemandirian pangan pada masa-masa bencana, termasuk pandemi Covid-19, serta memberikan gagasan-gagasan alternatif bagi masyarakat agar tetap tangguh dan mandiri dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Pengalaman telah menunjukkan bahwa bahan pangan alternatif banyak tersedia, demikian juga teknik budi daya dan produksi pangan, termasuk pada lingkungan perkotaan. Di sisi lain, persoalan kesejahteraan dan pemberdayaan petani juga tetap perlu menjadi perhatian bersama, terlebih ketika harus menghadapi sistem perdagangan komoditas pangan yang seringkali tidak menguntungkan bagi mereka. Buku ini juga menyajikan contoh ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Persoalan pangan adalah tanggung jawab kita bersama, termasuk para akademisi. Mudah-mudahan percikan permenungan ini dapat menjadi oasis bagi masyarakat luas sekaligus titik cahaya di ujung lorong.


Availability

LIB00019616631.53/Pem -Main Library PertanianAvailable - Indonesia
LIB00019969631.53/Pem -Main Library PertanianAvailable - Indonesia
LIB00020306631.53/Pem -Main Library PertanianAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
631.53/Pem -
Publisher Lily Publisher : YOGYAKARTA.,
Collation
vi ; 538 Hal. ; 16X23cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-7267-35-5
Classification
631.53
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I ; Ed. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster