Image of Ekonomi Manajerial

Teks Book

Ekonomi Manajerial



Ekonomi manajerial ialah teknik pengambilan keputusan dalam organisasi bisnis berdasar perubahan situasi ekonomi mikro dan makro. Perubahan ekonomi mikro menyangkut masalah permintaan dan penawaran, atas barang dagangan. Sedangkan perbuhanan ekonomi makrom menyangkut masalah pengangguran, suku bunga, dan ekonomi global.

Perubahan ekonomi mikro dapat dipandang dari segi permintaan, bahwa barang dagangan di produksi jika terjadi permintaan di pasar, dan dari segi penawaran, bahwa produsen akan memproduksi barang dagangan sesuai dengan permintaan. Untuk menemukan titik equilibrium penawaran dan permintaan itu pekerjaan yang sangat sulit. Pada suatu saat akan terjadi kelebihan penawaran dan kelebihan permintaan, inilah yang melahirkan krisis. Krisis akan selalu terjadi dalam system ekonomi kapitalis, baik krisis permintaan dan penawaran.

Perubahan ekonomi makro, pengangguran adalah masalah terbesar sepanjang sejarah system ekonomi kapitalisme. Pengangguran terjadi karena manusia diperlakukan sebagai barang dagangan di pasar tenaga kerja. Jika dibutuhkan, manusia sangat dibeli dipasar, dan jika tidak dibutuhkan, manusia dapat diputus hubungan kerja. Suku Bunga merupakan penggerak ekonomi, jika suku bunga naik, investor akan menarik uangnya di bank. Tugas bank sentral membuat keseimbangan antara uang yang beredar.

Uang beredar tinggi akan menyebabkan inflasi, dan uang beredar rendah akan menyebabkan deflasi. Inflasi dan deflasi merupakan penyakit dalam system ekonomi capitalism.


Availability

LIB00019576650.068/Pra eMain Library Ekonomi ManajemenAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
650.068/Pra e
Publisher Mitra Wacana Media : JAKARTA.,
Collation
viii ; 318 Hal. ; 19X26cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-318-312-8
Classification
650.068
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster