Image of Statistik Penelitian Bisnis dan Pariwisata

Teks Book

Statistik Penelitian Bisnis dan Pariwisata



Lebih banyak mahasiswa yang masih menganggap bahwa matakuliah Statistik adalah matakuliah pembunuh selera kuliah khususnya bagi mahasiswa dari kelompok rumpun ilmu sosial. Anggapan tersebut dapat dimaklumi jika melihat kenyataan bahwa pembelajaran matakuliah Statistik cenderung lebih mempertontonkan kemahiran pengajarnya dalam menuliskan rumus-rumus yang rumit, dan menuliskan angka-angka yang sulit ditelusuri asal angka-angka yang dihasilkan dari rumus-rumus tersebut.

Buku ini mencoba menampilkan pembelajaran Statistik yang menekankan aspek pemaknaan dan tentunya juga filosopi pemilihan alat analisis yang lebih praktis dengan cara manual maupun dengan dukungan program aplikasi yang dapat menyelesaikan persoalan statistik bisnis dan pariwisata. Secara praktis, buku ini akan bermanfaat bagi semua kalangan yang akan dan sedang melakukan penelitian, dan mencoba memilih alat analisis sesuai dengan tujuan penelitiannya. Buku ini hadir untuk tujuan praktis tersebut. Tidak masalah, siapa yang mengolah data penelitian kita, yang penting apa yang kita tampilkan pada laporan penelitian, dapat kita pahami, dapat kita maknai, dan dapat kita gunakan sebagai bahan informsi membuat keputusan bisnis di masa yang akan datang.

Secara materi, buku ini berisi: hakekat ilmu dan penelitian, ruang lingkup bisnis pariwisata, skala pengukuran dan uji instrumen penelitian, teknik sampling, uji asumsi klasik, pemilihan teknik analisis penelitian, teknik penyajian data dan ilustrasi, statistik deskriptif, pengukuran penyimpangan, analisis data berkala, regresi linier sederhana, regresi dan korelasi berganda, analisis faktor, dan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus penelitian yang pernah dilakukan oleh penulis yang berkaitan dengan penelitian bidang perhotelan dan pariwisata yakni: studi kasus penelitian dengan regresi linier berganda, dan studi kasus penelitian dengan SEM-AMOS.


Availability

LIB00018786001.422/Uta sMain Library PariwisataAvailable - Indonesia

Detail Information

Series Title
-
Call Number
001.422/Uta s
Publisher ANDI : YOGYAKARTA.,
Collation
viii ; 264 Hal. ; 16X23cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-29-6841-5
Classification
001.422
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Ed. I
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this


Search Cluster