Record Detail
Advanced SearchSkripsi Keperawatan
Hubungan Tindakan keperawatan Luka Post Operasi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruangan EF Flamboyan Rumah Sakit Tingkat III Robert Wolter Monginsidi Teling Manado
Tindakan Perawatan luka merupakan suatu teknik dalam membersihkan
luka dan membalut luka dengan tujuan mencegah infeksi dan mempercepat
penyembuhan luka. Managemen perawatan luka operasi dalam perkembangannya
menerapkan prinsip-prinsip sebagai berikut; luka operasi harus kering dalam
waktu 3 hari pertama setelah terjadi luka, ganti kassa pembalut steril dengan yang
baru, membersihkan luka dari segala materi yang menempel pada luka, keringkan
area luka dan berikan betadin pada daerah luka, prinsip berikutnya adalah dengan
menutup luka dengan kassa pembalut luka sampai dengan jahitan diangkat atau
dilepas. Petugas kesehatan haruslah memperhatikan pemeliharaan kesehatan
pasien untuk kesembuhan pasien. Dalam memberikan pelayanan kesehatan
diperlukan kualitas pelayanan dan hal-hal lainnya yang dapat mempengaruhi
kepuasan pasien sebagai penerima jasa pelayanan kesehatan. Maka dari itu,
Tingkat kepuasan pasien dapat diidentifikasi 5 kelompok karakteristik yang
digunakan oleh pasien yaitu kehandalan (reliability), jaminan (assurance),
kenyataan (tangibles), empati (Empathy), dan Ketanggapan (responsiveness) dapat
diukur oleh beberapa tingkat kepuasan yaitu Sangat tidak puas, Tidak puas, Puas,
Sangat puas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Chi square. Metode
pengambilan Sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan
kriteria inklusi. Jumlah sampel adalah 15 responden. Untuk pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi, selanjutnya data
yang terkumpul dimasukkan dalam master tabel kemudian data diolah untuk
melihat hubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap tindakan perawatan
luka berdasarkan tingkat kepuasan Sangat tidak puas (STP), Tidak puas (TP), Puas
(P), Sangat puas (SP). Penelitian ini di laksanakan pada tanggal 18 Juli – 01
Agustus 2012.
Hasil analisis menunjukkan nilai tertinggi dari tingkat kepuasan pasien
terhadap tindakan perawatan luka post operasi sebagian besar adalah sangat puas.
Maka dapat disimpulkan, tingkat kepuasan pasien di Ruangan EF Flamboyan RS.
Tingkat III R.W. Mongisidi Teling Manado adalah tinggi.
Dari hasil penelitian ini, disarankan untuk petugas kesehatan khususnya di
Ruangan EF Flamboyan RS. RS. Tingkat III R.W. Mongisidi Teling Manado lebih
efektif lagi dalam melakukan tindakan perawatan luka terhadap pasien post operasi
agar mendapatkan hasil yang memuaskan serta pelayanan kesehatan di tingkatkan
lagi agar mendapat hasil yang optimal.
Kata Kunci : Kepuasan pasien dalam melaksanakan perawatan luka
Kepustakaan : 8 buku, 6 internet
Availability
LIB00013037 | Main library | Available | |
LIB00015619 | SKRIPSI/Gah h | Main Library Keperawatan | Available |
LIB00015777 | SKRIPSI/Gah h | Main Library Keperawatan | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
SKRIPSI/Gah h
|
Publisher | DLSU Manado : MANADO., 2012 |
Collation |
-
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available