Record Detail
Advanced SearchTeks Book
Metode Penelitian dan Statistik Pendidikan
Metode penelitian pada dasarnya adalah sebuah cara yang ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan data dengan tujuan kegunaan tertentu. Empat kunci yang menjadi hal penting dalam metode penelitian adalah cara ilmiah, data, tujuan, dan kegunaan. Cara ilmiah sendiri adalah kegiatan penelitian yang didasarkan pada suatu hal yang bersifat rasional (masuk akal), empiris (dapat diamati oleh indra manusia), dan juga sistematis (secara berurutan berdasarkan langkah-langkah tertentu).
Data yang diperoleh dalam penelitian haruslah data yang bersifat empiris dan juga valid. Data bersifat valid adalah data yang diperoleh derajat ketepatannya. Tujuan dan kegunaan dari penelitian adalah penemuan baik penemuan baru yang belum pernah ditemui, pembuktian, dan pengembangan. Dengan adanya sebuah penelitian maka hasil dari penelitian itu sendiri dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi suatu permasalahan.
Sesuai dengan tujuan dari penelitian pendidikan, buku “Metodologi Penelitian dan Statistik Pendidikan” ini mengajak kita untuk menemukan prinsip-prinsip umum atau penafsiran tingkah laku yang dapat digunakan untuk menerangkan, meramalkan, dan mengendalikan kejadian-kejadian dalam lingkungan pendidikan. Dengan sistematika pembahasan yang baik dan mudah untuk dipahami, para pembaca tidak akan dihadapkan dengan kesulitan dalam belajar dan melakukan penelitian bidang penelitian pendidikan. Dimulai dengan pemaparan tentang konsep-konsep dasar dalam penelitian pendidikan, penelitian kuantitatif yang kemudian pada bab-bab berikutnya secara spesifik memaparkan tentang statistik.
Availability
LIB00020871 | 370.21/Khu m | Main library | Available - Indonesia |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
370.21/Khu m
|
Publisher | Madani : MALANG., 2021 |
Collation |
xiv ; 204 Hal. ; 16C23cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-0899-78-7
|
Classification |
370.21
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cet. I
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available