Record Detail
Advanced SearchSkripsi Keperawatan
ANALISIS STATUS GIZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK USIA 6-12 TAHUN DI SD GMIM 1 KALI KECAMATAN PINELENG
Latar Belakang: Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu sumber daya manusia. Namun, rendahnya status gizi pada anak membawa dampak negative pada mutu pendidikan di Indonesia. Diperkirakan bahwa 54% kematian pada anak disebabkan oleh keadaan gizi yang buruk. Status gizi yang buruk akan menghasilkan derajat kesehatan yang buruk, membuat anak mudah terserang penyakit dan tingkat kecerdasannya juga berkurang.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan status gizi dengan terhadap prestasi belajar anak usia 6-12 tahun.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan sampel sebanyak 109 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Hasil Penelitian: Dalam penelitian ini diketahui bahwa anak yang berstatus gizi baik dengan prestasi belajar tinggi berjumlah 41 responden (37,6%) dan status gizi tidak baik dengan prestasi belajar tinggi terdapat sebanyak 24 responden (22,%). Hasil analisa data berdasarkan uji chi square diperoleh p-value 0,175 (α=>0,05) untuk status gizi dengan prestasi belajar.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan prestasi belajar anak usia 6-12 tahun di SD GMIM 1 Kali Kecamatan Pineleng. Penelitian ini bisa menjadi landasan bagi perawat komunitas dalam memberikan sosialisasi tentang pentingnya pemenuhan gizi pada anak usia sekolah.
Availability
LIB00017275 | Skripsi/Hen a | Main library | Available |
LIB00017276 | Skripsi/Hen a | Main library | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
Skripsi/Hen a
|
Publisher | DLSU Manado : MANADO., 2017 |
Collation |
-
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
Skripsi
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available