Record Detail
Advanced SearchSkripsi Keperawatan
KINERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KOLONGAN KECAMATAN KALAWAT
Kinerja perawat mencerminkan kemampuan perawat untuk
mengimplementasikan proses keperawatan. Kinerja perawat diukur dari pelayanan
yang diberikan kepada pasien sehingga dengan kinerja yang baik pasien merasakan
puas. Survey yang dilakukan Kemenkes terhadap rumah sakit di Indonesia tahun
2014, kinerja perawat yang belum menjalankan fungsinya secara optimal, sekitar 5474%
instruksi medis, 26% tugas administrasi, dan 20% praktik keperawatan. Ada
juga 68% tugas keperawatan dasar yang seharusnya dikerjakan oleh perawat tetapi
dilakukan oleh keluarga pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di
Pusksmas Kolongan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif
analitik dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 59 responden dengan
teknik convenience sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi
square dengan hasil (p-value < 0.05) yang menunjukan terdapat hubungan antara
kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Kolongan.
Meningkatkan kinerja perawat melalui faktor internal mereka seperti kecerdasan,
keterampilan, sikap, dan kepribadian dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan dan
seminar-seminar yang dapat meningkatkan motivasi kerja perawat.
Kata kunci : Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien
Kepustakaan : 35 buku, 15 jurnal
Availability
No copy data
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
SKRIPSI / Res k
|
Publisher | DLSU Manado : MANADO., 2016 |
Collation |
-
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available