Record Detail
Advanced SearchSkripsi Teknik Informatika
Aplikasi Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadapa Pelayanan Akademik Menggunakan Fuzzy Logic Mamdani Dan Sugeno
Pelayanan yang mengutamakan kepentingan mahasiswa menjadi suatu hal
untuk meningkatkan kualitas kinerja dari bagian akademik. Setiap penilaian
pelayanan dari setiap mahasiswa dapat berbeda-beda. Misalnya, ada mahasiswa
yang merasa puas dan ada yang masih merasa belum puas dengan pelayanan yang
telah diberikan. Untuk menganalisis hal tersebut dapat digunakan metode
inferensi Fuzzy Logic Mamdani dan Sugeno. Metode Mamdani merupakan
metode dimana setiap aturan memiliki bentuk implikasi yaitu sebab akibat dan
mempunyai nilai keanggotaan minimum dengan gabungan berbentuk maksimum.
Sedangkan metode Sugeno merupakan metode dengan output konsekuen atau
sistem berupa konstanta atau persamaan linear.
Kedua metode tersebut dapat mengukur tingkat kepuasan pelayanan
akademik sehingga ada suatu kebutuhan untuk membangun Aplikasi Analisis
Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik dari bagian akademik
Universitas De La Salle Manado.
Aplikasi Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Akademik
menggunakan Fuzzy Logic metode Mamdani dan Sugeno ini menggunakan
Matlab R2013a dan flowchart sebagai kakas penggambaran alur aplikasi.
Hasil pengujian terhadap aplikasi menyimpulkan bahwa dari 40 sampel
data yang diambil dan dianalisis menggunakan sistem inferensi Fuzzy metode
Mamdani diperoleh hasil akurasi 70% . Untuk sistem inferensi Fuzzy metode
Sugeno memiliki hasil akurasi 67.5%. Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa
terhadap bagian akademik menggunakan metode Fuzzy Mamdani menunjukkan
hasil yang lebih akurat dibandingkan metode Sugeno.
Kata Kunci : Fuzzy Logic, Mamdani, Sugeno, Akademik
Availability
Lib00014952 | Skripsi/Son a | Main library | Available |
Lib00014951 | Skripsi/Son a | Main library | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
Skripsi/Son a
|
Publisher | DLSU Manado : MANADO., 2016 |
Collation |
-
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
-
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available